RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA |
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit |
Mata Pelajaran : TIK |
|
Kelas/Semester : XII/1 |
|
Materi pokok : Menyusun dan memecahkan masalah dalam pembuatan blog |
A. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning, peserta didik mampu membuat pertanyaan dari yang belum dipahami dalam penyusunan blog; membuat sebuah blog dengan blogger; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Langkah |
Luring (Offline) |
Daring (Online) |
Pendahuluan
|
Alokasi waktu 10 menit · Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK) · Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) · Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan · Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
Alokasi waktu 15 menit · Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui wa grup untuk segera masuk ke aplikasi zoom · Guru mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom · Guru mengajak peserta didik untuk berdoa. · Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan · Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran · Siswa logout dari aplikasi zoom |
Kegiatan inti: Langka 1 : seeking of information |
Langkah 1. Alokasi waktu 20 menit · Peserta didik diberi bahan materi video youtube mengenai Menyusun dan memecahkan masalah dalam pembuatan blog untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali |
Langkah 1. ( 15 menit) · Peserta didik diberi bahan materi video youtube mengenai Menyusun dan memecahkan masalah dalam pembuatan blog untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. |
Langkah 2. acquisition of information
|
Langkah 2. Alokasi waktu 30 menit · Guru membentuk beberapa kelompok peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Menyusun dan memecahkan masalah dalam pembuatan blog. Guru menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di buku tugas masig - masing peserta didik |
Langkah 2.( 30 menit ) · Guru meminta peserta didik untuk masuk ke google clasroom untuk mendiskusikan hasil pengamatan dari video yang telah di lihat. · Guru menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di microsoft word.
|
Langkah 3. synthesizing of knowledge |
Langkah 3. Alokasi waktu 20 menit · Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait · Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami · Peserta didik kemudian mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di dalam buku tugas.
|
Langkah 3. ( 15 menit ) · Guru membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari · Peserta didik kemudian mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di microsoft word dan dikumpilkan melalui google classroom
|
Penutup |
Alokasi waktu 10 menit · Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa · Guru menutup pertemuah dengan salam |
Alokasi waktu 15 menit · Guru mengecek tugas siswa yang sudah masuk di google clasroom dan memberikan konfirmasi siapa saja yang belum mengumpulkan tugas. · Guru menutup pertemuan dengan salam melalui aplikasi google clasroom
|
C. PENILAIAN
|
1. Sikap: Spiritual dan sosial 2. Pengetahuan: Tes Tulis dan Penugasan 3. Keterampilan: Produk |
||
D. LAMPIRAN 1. Materi Pembelajaran tentang pembuatan blog (Lampiran 1) 2. Alat, Bahan dan Media (Lampiran 4) |
|||
|
Mengetahui, |
|
|
|
Kepala Sekolah |
Guru Mata Pelajaran |
|
* Untuk Lampiran 1 Materi bisa lihat di https://kiranapraba1.blogspot.com/2021/06/materi-pembuatan-blog.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar