RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA |
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit |
Mata Pelajaran: PKWU |
KD : 3.1 dan 4.1 |
Kelas/Semester:X/Gasal |
IPK : 3.1.1, dan 4.1.1 |
Materi Pokok : Karakteristik wirausaha |
A. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning, peserta didik mampu membuat pertanyaan dari yang belum dipahami dalam karakteristik kewirausahaan; mengidentifikasi karakteristik wirausahawan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN (Model Blended Learning)
Langkah |
Luring (Offline) |
Daring (Online) |
Pendahuluan
|
Alokasi waktu 10 menit · Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK) · Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) · Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan · Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran |
Alokasi waktu 15 menit · Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui wa grup untuk segera masuk ke aplikasi zoom · Guru mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom · Guru mengajak peserta didik untuk berdoa. · Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan · Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran · Siswa logout dari aplikasi zoom |
Kegiatan inti: Langka 1 : seeking of information Langkah 2. acquisition of information
Langkah 3. synthesizing of knowledge Penutup |
Langkah 1. Alokasi waktu 20 menit · Peserta didik diberi bahan materi video youtube mengenai karakteristik wirausahawan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali |
Langkah 1. ( 15 menit) · Peserta didik diberi bahan materi video youtube mengenai karakteristik wirausahawan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. |
Langkah 2. Alokasi waktu 30 menit Guru membentuk beberapa kelompok peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai karakteristik wirausahawan . Guru menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di buku tugas masig - masing peserta didik |
Langkah 2.( 30 menit ) · Guru meminta peserta didik untuk masuk ke google clasroom untuk mendiskusikan hasil pengamatan dari video yang telah di lihat. · Guru menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di microsoft word.
|
|
Langkah 3. Alokasi waktu 20 menit · Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait · Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami · Peserta didik kemudian mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di dalam buku tugas.
|
Langkah 3. ( 15 menit ) · Guru membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari 1. Peserta didik kemudian mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di microsoft word dan dikumpilkan melalui google classroom
|
|
Alokasi waktu 10 menit · Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar · Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat · Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa Guru menutup pertemuah dengan salam |
Alokasi waktu 15 menit · Guru mengecek tugas siswa yang sudah masuk di google clasroom dan memberikan konfirmasi siapa saja yang belum mengumpulkan tugas. · Guru menutup pertemuan dengan salam melalui aplikasi google clasroom
|
C. PENILAIAN
|
1. Sikap: Spiritual dan sosial 2. Pengetahuan: Tes Tulis dan Penugasan 3. Keterampilan: Produk |
||
D. LAMPIRAN 1. Materi Pembelajaran tentang Karakteristik wirausaha (Lampiran 1) 2. Alat Penilaian Berupa Soal Esai Sejumlah 5 Soal (Lampiran 2) 3. Kunci Jawaban Dan Kriteria Penilaian (Lampiran 3) 4. Alat, Bahan dan Media (Lampiran 4) |
|||
|
Mengetahui, |
|
|
|
Kepala Sekolah |
Guru Mata Pelajaran |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar