Jumat, 25 Juni 2021

RPP PKWU KELAS X (DARING - LURING)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah : SMA

Alokasi Waktu          :  2 x 45 menit

Mata Pelajaran: PKWU

KD                              : 3.1 dan 4.1

Kelas/Semester:X/Gasal

IPK                              : 3.1.1, dan 4.1.1

Materi Pokok     : Karakteristik wirausaha

 

A.  TUJUAN

Setelah mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning, peserta didik mampu membuat pertanyaan dari yang belum dipahami dalam karakteristik kewirausahaan; mengidentifikasi karakteristik wirausahawan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN (Model Blended Learning)

 

Langkah

Luring (Offline)

Daring (Online)

Pendahuluan

 

Alokasi waktu 10 menit

·         Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

·         Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

·         Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

Alokasi waktu 15 menit

·         Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui wa grup untuk segera masuk ke aplikasi zoom

·         Guru mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom

·         Guru mengajak peserta didik untuk berdoa.

·         Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

·         Siswa logout dari aplikasi zoom

Kegiatan inti:

Langka 1 : seeking of information

Langkah 2. acquisition of information

 

Langkah 3. synthesizing of knowledge

Penutup

Langkah 1. Alokasi waktu 20 menit

·         Peserta didik diberi bahan materi video youtube mengenai karakteristik wirausahawan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali

Langkah 1. ( 15 menit)

·         Peserta didik diberi bahan materi video youtube mengenai karakteristik wirausahawan  untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.

Langkah 2. Alokasi waktu 30 menit

Guru membentuk beberapa kelompok peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai karakteristik wirausahawan . Guru menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di buku tugas masig - masing peserta didik

Langkah 2.( 30 menit )

·         Guru meminta peserta didik untuk masuk ke google clasroom untuk mendiskusikan hasil pengamatan dari video yang telah di lihat.

·         Guru menugaskan siswa untuk membuat rangkuman hasil diskusi yang dikerjakan di microsoft word.

 

 

Langkah 3. Alokasi waktu 20 menit

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait

·         Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

·         Peserta didik kemudian mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di dalam buku tugas.

 

 

Langkah 3. ( 15 menit )

·         Guru membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari

1.    Peserta didik kemudian mengumpulkan hasil rangkuman dan kesimpulan diskusi yang dikerjakan di microsoft word dan dikumpilkan melalui google classroom

 

Alokasi waktu 10 menit

·      Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·      Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

Guru menutup pertemuah dengan salam

Alokasi waktu 15 menit

·     Guru mengecek tugas siswa yang sudah masuk di google clasroom dan memberikan konfirmasi siapa saja yang belum mengumpulkan tugas.

·     Guru menutup pertemuan dengan salam melalui aplikasi google clasroom

 

 

C. PENILAIAN

 

1. Sikap: Spiritual dan sosial

2. Pengetahuan: Tes Tulis dan Penugasan

3. Keterampilan: Produk

 

D. LAMPIRAN

1.    Materi Pembelajaran tentang Karakteristik wirausaha (Lampiran 1)

2.    Alat Penilaian Berupa Soal Esai Sejumlah 5 Soal (Lampiran 2)

3.    Kunci Jawaban Dan Kriteria Penilaian  (Lampiran 3)

4.    Alat, Bahan dan Media (Lampiran 4)

 

 

Mengetahui,

 


 

Kepala Sekolah      

Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan soal PAS PKWU Kls X smt 2

1. Silahkan masuk ke Link berikut ini : https://quizizz.com/join?gc=08796397    Atau melalui kode game : Masuk ke joinmyquiz.com Masukkan ko...